Hendro hartono

Hidup itu indah, tetaplah berserah dan teruslah melangkah ! ...

Selengkapnya
Saya bangga menjadi Dokter Kecil

Saya bangga menjadi Dokter Kecil

Itulah kalimat yang tertulis pada sebuah karton berwarna merah muda yang dipegang oleh salah satu siswaku saat mengikuti pelatihan Dokter Kecil untuk wilayah Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Kalimat yang sederhana namun memiliki makna dan menjadi motivasi tersendiri bagi siswaku untuk mulai menggantungkan cita-citanya kelak.

Menjadi suatu pengalaman yang berarti, sejak dini sudah memperoleh pemahaman tentang pendidikan kesehatan, tentang bagaimana membiasakan diri untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. Ilmu yang tidak mudah didapat dan juga tidak semua siswa memperoleh kesempatan untuk mengikuti kegiatannya.

Dokter Kecil (Dokcil) adalah peserta didik yang memenuhi kriteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokcil memiliki tujuan agar peserta didik berpartisipasi dalam program Trias UKS, yaitu : Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. UKS juga dikenal dengan istilah CHILD to CHILD PROGRAME, program dari anak, oleh anak, dan untuk anak agar terciptanya anak yang berkualitas.

Adapun tugas dan tanggung jawab Dokcil adalah :

1. Selalu bersikap dan berperilaku sehat

2. Dapat menggerakkan sesama teman siswa untuk bersama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing

3. Berusaha menciptakan kesehatan lingkungan

4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah

5. Berperan aktif dalam BBv kesehatan

Itulah sekilas tentang Dokcil, wajar saja siswaku bangga menjadi bagian dari Dokcil. Begitu antusias untuk mengikuti kegiatan tetsebut. Mudah-mudahan langkah awal ini tertanam segudang cita-cita dalam diri siswaku untuk menjadi Dokter yang sesungguhnya. Doaku selalu menyertai siswaku yang juga merupakan anakku tercinta. Teruslah melangkah nak, kami selalu disampingmu...

Tanjung Balai Karimun, 14 Maret 2019

Hendro Hartono

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali